Tutorial cara pasang CWM/TWRP semua jenis dan type android tanpa PC | serta mengenal apa itu cwm ?!

Banyak cara untuk pasang CWM atau istilah lain ClockWorkMod atau recovery. Jika sobat sedang mencari tutorial atau cara pasang CWM sobat sedang membaca artikel yang tepat.
Cwm sendiri ada dua jenis yang saya tau (CWM dan TWRP) untuk fungsi bisa di bilang sama. Untuk backup rom, flash img, flash zip dsb. Cuma mungkin yang membedakan dari fitur. Itu mungkin, soalnya saya sendiri belum pernah memakai TWRP cuma pake CWM. Walau begitu sobat mau pake apa sama saja ko,.

Yang saya tau tentang CWM ada:

CWM non touch: (yaitu cwm yang di kontrol melalui volUP/DOWn untuk naik turun dan tombol on/off untuk enter).

CWM touch: (cwm yang bisa di kontril dengan touch tanpa tombol2 seperti di atas)

TWRP: karna saya belum pernah pake akan tetapi menurut teman2 di forum/grup sosmed fungsi sama katanya.

Ada juga CWM Philz touch dan non touch. Loh jenis apa ini ?

Sepengetahuan saya (pengalaman saya) untuk fungsi touch/non touch sama seperti CWM di atas dan fungsi nya pun sama sob. Hanya yang membedakan ialah jika CWM/TWRP di atas ialah permanent dalam arti cwm ori bawaan sistem akan hilang dan di ganti dengan cwm/twrp yang kita install.
Untuk cwm/twrp philz (bahasa saya) itu tidak permanent atau jika kita ingin mengganti Rom dsb. Contoh kita akan mengganti Rom dengan cwm philz, kita masuk ke menu recovery dan memilih update from external sd (yang saya tau) cari dan install cwm philz nya.

Jika kita selesai ganti rom dan booting setelah masuk home screen maka walau rom sudah di ganti tapi cwm tidak. Cwm tetap bawaannya syistem. Jika kita hendak melakukan ganti rom atau backup restor juga langkah nya sama, yaitu masuk recovery dan install cwm philz nya dahulu lewat cwm bawaan. Dan philz ini seperti penjelasan di atas tidak membutuhkan aplikasi untuk memasangnya .

Lain dengan cwm/twrp yang dijelaskan paling atas, cwm ini permanent ya sob. Dan cara pasang nya ikuti tutorialnya di bawah ini. Sebenarnya banyak aplikasi untuk pasang cwm sob, tapi disini saya akan memberikan tutorial menggunakan flashify tanpa pc. Walau sobat mau pakai aplikasi yang lain pun boleh karna caranya tidak jauh beda ko sob. Yuk cekibrot :D

1. Langkah pertama tentu sobat harus mempunyai Cwm/Twrp nya dahulu yang sobat bisa dapatkan di forum" atau grup seseuai type dan jenis hp masing-masing, ingat sesuai type dan hp masing-masing.
Contoh hp sobat ad**n s4a+ kitkat. Ya sobat cari di grup atau forum tersebut. Jangan salah masuk.. Dan begitupun dengan type dan jenis hp yang lain nya. Karna misal hp kita A dan pasang cwm dari hp B itu tidak bisa sob.

2. Nah langkah kedua jika sobat sudah punya CWM nya sobat ambil di PlayStore atau download apk di ~SINI~ (jika belum punya).

3. Sobat buka aplikasinya dan izinkan akses root jika belum root baca: Cara Root Semua Type Android Tanpa PC Menggunakan King Root


4. Teakan menu dan pilih recovery image.


5.pilih Download TWRP atau Download CWM dsb apa yang mau sobat pasang.


6.cari di mana sobat meletacan file recovery.img nya kemudian klik. Jika sobat mendownload cwm dengan nama misal recoveryS4a+.img, dobat rename aja menjadi recevery.img.


7. Muncul popup seperti ini klik aja yup! Dan tunggu prosesnya sebentar.


8.jika seperti gambar berarti proses pemasangan cwm/twrp selesai. Silahkan agan tekqn reboot now maka akan otomatis di bawa ke cwm.
Jika tidak sobat hp dalam keadaan mati sobat tekan tombol volumeUP dan tombol power secara bersamaan dan tunggu sampai masuk ke cwm baru lepas, atau sobat bisa pake aplikasi QuitBoot dan semacamnya.


Intinya jika sobat sudah melakukan pemasangan cwm/twrp di atas sobat masuk ke cwm/terp sobat. Dan lihat jika sobat memang masuk ke cwm artinya sobat berhasil memasangnya.
Tapi,!!! Jika sobat masuk cwm dan hanya blank hitam atau blank putih sahaja, tidak masuk cwm/twrpnya.
Itu artinya Cwm, Twrp yang sobat pasang tidak cocok dengan hp sobat
Silahkan cari recovery.img yang lain sob dan pasang lagi seperti di atas.

Itulah tadi cara pasang cwm semua jenis android, mengenal jenis-cwm. Dan perlu di ingat artikel ini sebagai mana pengetahuan dan pengalaman saya sahaja. Resiko di tanggung penumpang ya sob, thanks


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial cara pasang CWM/TWRP semua jenis dan type android tanpa PC | serta mengenal apa itu cwm ?!"